Lembur Tingkatkan Resiko Kanker pada Wanita

Anda suka lembur kerja? Jika iya, anda perlu berhati-hati karena penelitian terbaru menemukan adanya kecenderungan pada wanita yang suka kerja lembur untuk terkena kanker payudara. Penelitian ini sebenarnya berlangsung antara tahun 2005 - 2008 dengan membandingkan sebanyak 1200 wanita yang menderita kanker payudara dan 1300 wanita sehat. 

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa resiko terkena kanker payudara naik 30% lebih tinggi pada wanita yang pernah lembur atau bekerja shift di malam hari. Sementara itu, pada wanita yang tidak bekerja shift di malam hari, resiko tersebut justru menurun atau tetap. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata bekerja di malam hari dapat mempengaruhi ritme alami tubuh sehingga kemudian mempengaruhi kerja hormon tidur (Melatonin). Hormon Melatonin ini merupakan hormon anti kanker yang sangat bermanfaat dalam hal melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker.




Hasil penelitian tersebut juga menyebutkan beberapa profesi yang sangat rawan terkena kanker payudara, yaitu perawat rumah sakit dan pramugari. Namun para ahli yang terlibat dalam penelitian tersebut juga menyatakan bahwa resiko kanker payudara juga dapat meningkat karena mutasi genetis, kehamilan di usia tua dan terapi hormon. Jadi sebenarnya banyak faktor yang dapat memicu meningkatnya resiko kanker payudara selain bekerja di malam hari. Bagi mereka yang memang harus dituntut untuk bekerja di malam hari, apa boleh buat? Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa tidur yang cukup untuk mengurangi resiko tersebut. Semoga bermanfaat dan tetap nantikan info menarik lainnya dari kami.

Postingan Populer