Berbagai Jenis Teh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal teh. Semua orang pasti mengenal minuman menyegarkan ini. Karenanya tidak jarang jika kemudian minum teh seolah menjadi agenda rutin baik itu di pagi hari atau malam hari. Namun meskipun teh sudah banyak dikenal, tidak semua orang tahu jenis jenis teh dan manfaatnya bagi kesehatan. Tertarik untuk mengetahui berbagai macam teh dan khasiatnya bagi kesehatan, mari kita simak sedikit ulasan berikut.

Teh Hijau
Penggunaan teh hijau sudah dimulai sejak nenek moyang kita sehingga penggunaan teh ini pastinya sudah tidak asing lagi. Seperti yang mungkin telah anda ketahui sebelumnya bahwa teh hijau sangat kaya akan antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi sebagai proteksi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas sehingga tubuh menjadi tidak mudah rentan terserang infeksi penyakit.

Selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, teh hijau ternyata juga memiliki khasiat lainnya, yaitu dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah, membantu meningkatkan pencernaan tubuh dan mencegah tubuh dari terbentuknya sel kanker.

Teh Kayu Manis
Ramuan teh dan kayu manis ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bukan hanya dapat membantu menyegarkan mulut, melainkan juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meringankan sakit kepala. Hal ini karena kayu manis kaya akan mangan, zat besi, serat dan kalsium. Zat besi diperlukan untuk mencegah anemia sedangkan serat akan sangat membantu dalam hal menurunkan kadar gula darah, membakar lemak berlebih dan mencegah konstipasi.

Teh Jahe
Teh dengan tambahan jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain dapat melegakan tenggorokan, teh jahe dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan nyeri sehingga sangat cocok jika disajikan saat malam ketika hendak tidur.

Teh Chamomile
Teh yang dicampur dengan chamomile akan semakin memberikan efek tenang bagi yang meminumnya. Ini akan sangat bermanfaat sekali bagi mereka yang sering terkena sakit kepala atau migrain. Perlu diketahui bahwa chamomile mengandung zat antikosidan yang juga dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu, chamomile juga dapat berfungsi sebagai anti-histamin dan anti-inflamasi.  

Itulah tadi beberapa jenis teh yang dapat menjadi pilihan bagi anda untuk disajikan bersama keluarga. Semoga dapat bermanfaat.

Postingan Populer