Gempa Di Simeulue Aceh Berpotensi Tsunami


Gempa berkekuatan 8,5 SR kembali mengguncang tanah rencong Aceh, tepatnya di Barat Daya Simeulue, Aceh Rabu (11/04/2012) pada pukul 15.38 WIB. Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika gempa Aceh kali ini kemungkinan berpotensi tsunami. Namun pihak BMKG mengemukakan bahwa pusat gempa Aceh kali ini berada jauh dari zona subduksi (zona pertemuan lempeng), yaitu pada di 2.31 Lintang Utara (LU), 92,67 Bujur Timur (BT) atau sekitar 146 Barat Daya Simeulue Aceh dengan kedalaman sekitar 10  kilometer.

Pusat gempa yang berjarak sekitar 500 km ini jika memang berpotensi tsunami, maka tsunami akan datang dalam waktu kurang lebih 1 jam saja, yaitu diperkirakan sekitar pukul 16.21 WIB. Namun ternyata hingga lewat 1 jam semenjak terjadinya gempa kondisi Aceh masih belum diketahui secara pasti. Artinya akan terjadi atau tidaknya tsunami masih belum diketahui secara pasti. Namun pihak BMKG dan juga presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta warga Aceh untuk waspada dan tetap tenang.

Akibat gempa berkekuatan 8,7 SR (menurut data yang berhasil dicatat United States Geological Survey/USGS) tersebut, satu orang warga ditemukan tergeletak tewas di depan masjid Jamik, Syiah Kuala. Belum diketahui pasti penyebab meninggalnya korban termasuk identitasnya. Gempa Aceh kali ini juga menyebabkan terputusnya jaringan listrik serta menimbulkan kemacetan di jalan raya karena sebagian besar orang sibuk untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Semoga saja tsunami tidak kembali melanda Aceh.

Postingan Populer